Blog Berbagi Seputar Teknologi dan Tugas Kampus.

Monday, January 25, 2016

Membuat Program Sederhana dengan Netbeans - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan hasil tugas kuliah saya di semester 6, yang sebelumnya pernah saya share di blog lama saya, silahkan disimak.


  • Pertama Buka Aplikasi Neatbeans Anda.
  • Buat Project Baru.

  • Klik Kanan Pada Project Bayu (nama project anda) Pada Posisi Choose Project >> Java >> Java Desktop Application >> Next.

  • Beri Nama Project Anda Disini saya beri Nama Latihan3.
  • Pilih Browse Untuk memilih tempat penyimpanan Selesai klik finish.

  • Pertama Kita Harus Membuat Form View Agar dapat menampilkan hasil kerja kita nantinya.
  • Double Klik namaprojectandaView.java >> Klik Kanan Mouse Disamping Help >> Add from Palette >> Menu >> Beri nama Hasil Seperti Gambar berikut.
  • Selanjutnya Klik Kanan Pada Hasil >> Add from Palette >> Menu Item >> Beri nama latihan3

  • Selanjutnya Kita Akan Menambahkan Koding Pada View untuk menjalankan Program.
  • Klik Kanan latihan3 yang tadi telah kita buat >>Events >> Action >> actionPerformed.

  • Selanjutnya Tepatkan Koding Berikut Dibawah // TODO add your handling code here:

    Latihan3 latihan3 = new Latihan3();

            jDesktopPane1.add(latihan3,javax.swing.JLayeredPane.DEFAULT_LAYER);

            latihan3.show();

           

    }


  • Buat Tampilan Seperti Dibawah Dengan Komponen

  1.     Label (4 Buah).
  2.     Text Field (1 Buah).
  3.     Check Box (3 Buah)
  4.     Radio Button (2 Buah)
  5.     List (1 Buah).
  6.     Button (1 Buah).

Jelasnya Lihat Gambar berikut:



  • Setting Seperti Gambar selanjutnya



  • Cara Merubah List Klik Kanan Pada Kotak List >> Properties.
Untuk Jelasnya Gambar berikut:





  • Untuk Mengganti Nama label Klik Kanan >> Edit Text.
  • Dan Pastikan Anda Mengganti Nama Variabelnya, Klik Kanan Change Variable Name.




  1. Variabel Nama = nama
  2. Variabel  Makan = cbHo1
  3. Variabel  Shopping = cbHo2
  4. Variabel  Tidur = cbHo3
  5. Submit = BTNSubmit
  6. Variabel  Laki-laki = rdLaki
  7. Variabel  Perempuan = rsPerempuan
  8. Variabel  Jurusan = lstJurusan

  • Setelah Semua Selesai Klik Kanan pada Submit
  • dan ikuti langkah digambar


Selanjutnya Masukkan Koding Berikut Dibawah // TODO add your handling code here:

       String nama;

            String hoby;

            String jenkel;

            String jurusan;

            String info;

           

            nama = Nama.getText();

           

            if(cbHob1.isSelected())

        hoby="Makan";

            if(cbHob2.isSelected())

        hoby= "Shopping";

        if(cbHob3.isSelected())

        hoby="Tidur";

       

        if(rdLaki.isSelected())

        jenkel= "Laki-laki";

        else

            jenkel= "Perempuan";

           

            jurusan=lstJurusan.getSelectedValue().toString();

           

       info ="Nama Saya Adalah:"+nama+"\n";

       info+="Hobby Saya :"+hoby+"\n";

       info+="Jenis Kelamin :"+jenkel+"\n";

       info+="Jurusan Saya :"+jurusan+"\n";

       JOptionPane.showMessageDialog(null,info);   

           

                   

        }


Letakkan Koding Berikut Pada Radio Button Laki-laki dan Perempuan.
Dengan cara Klik Kanan pada Radio Button (Laki-laki ataupun Perempuan) >> Events >> Action >> actionPerformed.
Dan Terakhir Tekan F6



Sekian Tutorial dari saya semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Pin It

1 comments:

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    ReplyDelete